Cara Efektif Meningkatkan Hemoglobin Ibu Hamil

Cara Efektif Meningkatkan Hemoglobin Ibu Hamil

 Salah satu yang sering menjadi keluhan ibu hamil adalah rendahnya kadar hemoglobin (HB) dalam darah yang ditandai dengan berkurangnya stamina dan kelelahan yang berlebih pada ibu. Turunnya kadar HB ini, biasanya terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, seiring terjadinya peningkatan volume darah ibu.

Fungsi hemoglobin adalah untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh, termasuk mensuplai oksigen kepada janin dalam rahim ibu. Rendahnya kadar HB pada ibu hamil dapat mengganggu proses oksigenasi terhadap janin dan juga meningkatkan resiko pendarahan berlebihan pasca persalinan.

Zat yang berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam darah adalah zat besi. Selain untuk pembentukan hemoglobin, zat besi juga berperan dalam meningkatkan ketahanan terhadap stres dan penyakit dan berkontribusa dalam kontraksi otot.

Untuk meningkatkan kadar HB, ibu hamil dapat mengkonsumsi sumber-sumber makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah gandum utuh, buah kering (kurma, kismis, aprikot, plum, ceri), buah bit, telur, daging, biji labu, almon, sayuran berdaun hijau, sayuran laut, kacang-kacangan kering, polong-polongan. Suplemen zat besi atau tablet Fe juga dapat dikonsumsi namun harus dengan rekomendasi ahli. Dosis yang berlebih dari mengkonsumsi suplemen zat besi dapat menimbulkan efek konstipasi (susah buang air besar) pada ibu hamil.

Agar proses penyerapan zat besi terjadi secara efektif dan optimal, konsumsi zat besi sebaiknya dibarengi dengan mengasup makanan yang kaya vitamin C, seperti tomat, jeruk, lemon, pepaya, dan sebagainya. Juga sebaiknya dijauhkan dari waktu mengasup suplemen kalsium.

(esqiel/muslimahzone.com)