Pilkada DKI, PDIP Buka Peluang Usung Ridwan Kamil

Pilkada DKI, PDIP Buka Peluang Usung Ridwan Kamil
SujaNEWS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka peluang bagi semua tokoh yang memiliki potensi untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang. PDIP juga mengaku tidak menutup kemungkinan bakal mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bila memang itu kehendak rakyat.

"Kami tidak dapat menolak keinginan masyarakat Jakarta. Bisa saja mereka menghendaki Ridwan Kamil sebagai calon," kata Sekjen PDIP Hasto Kristianto dalam acara Rapat Koordinasi Bidang Nasional, Pemuda dan Olahraga, di Depok, Ahad (10/04/2016) kemarin.

Hasto mengungkapkan, PDIP tengah mencari calon yang potensial. Namun demikian, terkait kedatangan Ridwan Kamil ke acara internal PDIP itu, menurut Hasto, kehadiran Wali Kota Bandung tersebut bukan dalam rangka penjaringan.

"Bung Ridwan Kamil datang karena partai menganggap dirinya dapat memberikan pelajaran dan pengalaman. Kami hadirkan beliau karena gagasannya selama ini luar biasa," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Ridwan Kamil menegaskan, dirinya tidak akan maju dalam bursa Pilgub DKI Jakarta.

"Ada warga saat ini yang sedang saya layani. Saya hanya mengikuti kehendak rakyat saja saat ini. Kedatangan saya dalam kegiatan ini, karena undangan PDIP untuk berbagi gagasan dan pengalaman hidup kepada kader PDIP," kata Ridwan di tempat yang sama.

(Baca: Ridwan Kamil: Pemimpin yang Baik itu yang Menyelesaikan Amanahnya Sampai Akhir)

Sebelumnya, pada Senin (29/02/2016) lalu, Ridwan secara resmi telah memutuskan dan mengumumkan untuk tidak ikut dalam Pilkada DKI Jakarta.  (Baca : Putuskan tak Ikut Pilkada DKI, Ini Pernyataan Lengkap Ridwan Kamil)

"Saya mungkin bisa ke Jakarta, tapi tidak sekarang. Saya masih ingin menyelesaikan mimpi-mimpi besar di Bandung, ibukota solidaritas Asia Afrika dan kota desain Unesco ini," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan  Kamil, dalam akun Facebook miliknya, Senin (29/02/2016).

red: farah abdillah