Hanya Prabowo yang Dianggap Publik Pantas Bersaing dengan Jokowi

Hanya Prabowo yang Dianggap Publik Pantas Bersaing dengan Jokowi
SujaNEWS.com —  Nama Prabowo Subianto masih dinilai sebagai sosok yang pantas sebagai Presiden Republik Indonesia. Ini terungkap dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan masyarakat masih banyak yang menginginkan Prabowo menjadi presiden selain Jokowi.

"Prabowo Subianto yakni 12.6 persen secara survei top of mind dan 17.9 persen secara semi terbuka. Elektabikitas nama-nama lainnya kurang dari 5 persen,"ujar Direktur SMRC Djayadi Hanan di kantor SRMC jalan Cisadane, Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Kendati demikian, Djayadi mengatakan saat ini belum ada alternatif terhadap kepemimpinan Jokowi. Menurutnya, sementara ini Jokowi masih menjadi sosok yang paling diharapkan masyarakat untuk menjadi presiden pada Pilpres mendatang.

"Tingkat elektabikitas Predien Jokowi adalah yang tertinggi baik dalam pertanyaan top of mind (31,1 persen) maupun semi terbuka (40,5 persen). Selama setahun terakhir, elektabilitas Jokowi terus meningkat, sedangkan nama-nama lainnya cenderung stagnan atau menurun," lanjut Djayadi.

Seperti diketahui, SMRC mengadakan pemaparan hasil survei yang bertema "Modal Presidensialisme: Evaluasi Publik Nasional Atas Kinerja Pemerintahan Jokowi Kuartaal Pertama 2016" di kantor SMRC jalan Cisadane, Cikini, Jakarta, Minggu (17/4/2016). Selain Djayadi, hadir pula sebagai pembicara yakni pengamat politik CSIS J. Kristiadi. (iy)