Kisah Korban Banjir di Rawalumbu: Pemerintah Beri Bantuan Sekardus Mi Instan untuk Satu RT

Kisah Korban Banjir di Rawalumbu: Pemerintah Beri Bantuan Sekardus Mi Instan untuk Satu RT

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Rawalumbu, Minggu (6/1). Karang Taruna di RW 09, Kelurahan Sepanjang Jaya yang mengambil bantuan itu menyebut bantuannya berupa satu kardus mi instan untuk satu RT.

“Awalnya dari pihak RT disuruh orang kelurahan mendata keluarga terdampak banjir,” kata pengurus Karang Taruna RW 09, Adamsah Setia, Minggu (6/1).

Karena itu, pihaknya kemudian mendata jumlah keluarga, lansia, remaja hingga anak-anak. Hasilnya, kata dia, ada sebanyak 130-an keluarga. Setelah didata, kata dia, tak ada perkembangan lanjutan dari pihak kelurahan setempat.

“Tiba-tiba pak RW menghubungi ke Karang Taruna, saya suruh bagikan bantuan mi instan,” kata Adam.

Karena itu, ia bergegas menuju ke kantor RW setempat. Ia terkejut ketika pengurus RW meminta membagikan satu kardus mi instan untuk satu RT.

“Itu bantuan beneran apa bohongan kok hanya satu dus untuk satu RT, sedangkan satu RT saja ada 55 kepala keluarga dengan 130 anggota keluarga, karena satu keluarga rata rata ada lima orang,” katanya.

Ia sempat berseloroh bantuan itu bakal dikremek, direbus, atau dijual lagi mengingat tak sebanding dengan jumlah korbannya. Meski demikian, ia tetap membagikan bantaun dari pemerintah daerah tersebut.

“Satu kepala keluarga yang mau menerima dapat satu mie instan,” katanya.

Ia menambahkan, banjir yang menyergap lingkungannya pada Rabu lalu mencapai 1,5 meter. “Kondisi sekarang sudah surut,” katanya.