Kabut Asap Tak Kunjung Usai, Hasyim Muzadi Serukan Shalat Istisqa Nasional

Kabut Asap Tak Kunjung Usai, Hasyim Muzadi Serukan Shalat Istisqa Nasional
SujaNEWS.com — Menyikapi bencana kabut asap yang melanda pulau Sumatera dan Kalimantan, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) KH Hasyim Muzadi mengusulkan pelaksanaan shalat istisqa.

Shalat istisqa atau shalat minta hujan secara nasional tersebut akan melibatkan ulama dan pejabat negara dan pemerintahan.

“Kita kumpulkan ahli-ahli tirakat se-Indonesia, bukan sekadar tokoh Islam formal, untuk bersama sama seluruh pejabat di Jakarta dan keluarganya untuk bersama sama shalat istisqa,” ujarnya seperti dilansir republika.

Baca JugaIni Isi Pidato Hasyim Muzadi Yang Hebohkan Dunia

Usulannya tersebut sudah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla saat bersilaturahim ke Istana Wapres, Senin, dan disetujui oleh Wapres.

“Alhamdulillah Wapres setuju,” tutur Hasyim.

Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan shalat istisqa nasional, pihak-pihak yang akan ikut kegiatan itu diminta untuk berpuasa selama tiga hari. Setelah itu, ulama dan pejabat dari daerah selanjutnya juga melaksanakan kegiatan serupa di daerah masing-masing dengan cara yang sama, termasuk berpuasa tiga hari sebelumnya.

“Apabila diterima insya-Allah hujan akan menyelesaikan asap dan api. Bencana ini bukan sekadar kejadian tapi mengandung unsur peringatan untuk kita semua,” kata Hasyim. [republika/islamedia]