Tiba di Arab Saudi, Jokowi Disambut Musibah Makkah

Tiba di Arab Saudi, Jokowi Disambut Musibah Makkah
SujaNEWS.com — Hari Jum'at, (11/9/2015), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan bertolak ke Timur Tengah. Salah satu negara yang di kunjungi oleh mantan Walikota Solo itu adalah Arab Saudi.

Tak di duga sebelumnya, Kedatangan Presiden Jokowi ke Arab Saudi, Jumat (11/9) "disambut" tragedi seperti dilaporkan CNN Indonesia. Hampir berbarengan dengan penyambutan Presiden di Jeddah, sebuah alat berat jatuh di Masjidil Haram, Mekkah. Sekitar pukul 17.45 waktu setempat, badai membuat alat berat roboh dan menimpa ratusan jemaah.

Hal senada juga diberitakan laman Republika, Sabtu (12/9/2015), Jokowi mengaku mendapat kabar soal musibah itu saat baru tiba di Jeddah pada Jumat malam. Presiden langsung meminta amirul hajj memantau perkembangan dan memberikan bantuan seoptimal mungkin bagi seluruh korban.



Dua warga negara Indonesia meninggal dalam kejadian itu. Jokowi yang menggelar konferensi pers di Istana Faisal, Jeddah langsung menyampaikan duka cita mendalam atas tragedi itu.

"Saya sampaikan duka cita mendalam kepada para korban, termasuk warga kita dari Indonesia," kata Jokowi. Kemudian Jokowi juga memerintahkan Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin untuk memantau perkembangan kasus itu, termasuk mendampingi puluhan korban yang masih luka-luka.

Sampai kini pemerintah Indonesia juga belum bisa memastikan jumlah WNI yang menjadi korban dalam musibah Makkah itu. Namun, yang pasti sudah ada jamaah haji asal Indonesia yang wafat akibat tertimpa alat berat di Masjidil Haram.