Heboh, Duet Badrodin-BG Hasil Renungan JK-Paloh-Megawati

Heboh, Duet Badrodin-BG Hasil Renungan JK-Paloh-Megawati
SujaNEWS.com — Presiden Joko Widodo akhirnya bertandang ke komplek parlemen DPR RI untuk menjelaskan gagalnya pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri dan menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai pengganti.

Namun, pertemuan antara lembaga eksekutif dan legislatif tidak serta merta terjadi. Sebelum gelaran, malam sebelumnya, digelar pula pertemuan rahasia antara Jokowi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, juga Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hasil rapat konsultasi dengan DPR RI untuk melantik Badrodin disinyalir merupakan buah pertemuan dua petinggi Koalisi Indonesia Hebat dengan presiden juga wapres, Minggu (5/4) malam, salah satunya untuk memberikan posisi strategis kepada BG.

“Terkait hal-hal yang strategis, soal sinergi KIH juga,” kata Surya Paloh seperti dilansir CNN Indonesia, Senin (6/4).

Saat ditanya mengenai pembahasan Kapolri, Surya Paloh mengamini adanya pembicaraan mengenai hal itu, “Iya ada. Tapi kan tidak semua isi pertemuan harus dikasih tahu,” singkat Surya. Namun, apakah muncul wacana memasang BG sebagai Wakapolri? Surya pun enggan menjawabnya.

Sementara itu, sumber CNN Indonesia di internal PDI Perjuangan mengungkapkan, jika hasil rapat konsultasi semalam merupakan hasil renungan Jusuf Kalla, Megawati dan Surya Paloh, termasuk beberapa petinggi KIH.

“Iya ada JK, Ibu dan Bang Paloh. Salah satunya itu (BG jadi Wakapolri). Itu kan jadi pembahasan di rapat konsultasi tadi di DPR,” ungkap sumber tersebut.

Rencananya dalam waktu dekat, DPR RI akan memuluskan langkah Badrodin menjadi Kapolri dan Budi Gunawan sebagai wakilnya tanpa hambatan yang berarti. “Sudah fix mereka berdua jadi pasangan, Kapolri dan wakapolri,” jelas salah satu pengurus DPP partai banteng itu.(CNN Indonesia)