Pansus Pilpres Penting Untuk Kritisi Kinerja KPU

Pansus Pilpres Penting Untuk Kritisi Kinerja KPU
SUJA - Wakil Ketua Komisi II DPR, Khatibul Umam Wiranu mendukung dibentuknya Panitia Khusus Pemilihan Presiden (Pansus Pilpres), untuk mengusut dugaan adanya kecurangan Pilpres serta kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) semakin deras.

"Saya sangat mendukung dibentuknya Pansus Pilpres atas kecurangan dan tidak fair KPU dengan dana yang kita kasih hingga triliunan rupiah," katanya, Rabu (23/7/2014)

Khatibul mengatakan, dari temuan-temuan Komisi II DPR, diduga ada sejumlah aturan yang dilanggar oleh KPU. Pembentukan Pansus Pilpres juga untuk mempertanyakan mengapa KPU tidak menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu

"Selain itu juga ada dalam UU yang menyatakan bahwa rekapitulasi oleh KPU dilaksanakan 1 bulan setelah pencoblosan pilpres. Jadi sudah wajar KPU menunda pengumuman hasil rekapitulasi karena belum sampai sebulan. Ada peraturan KPU yang patut disalahkan dan kita tak boleh diam," tegasnya.

Ia menambahkan, dua tujuan yang ingin dicapai dengan pembentukan Pansus Pilpres. Pertama dalam Pansus nanti, bila ditemukan adanya perbedaan, bukti-bukti bukan tidak mungkin Pilpres atau pencoblosan ulang dilakukan karena bisa terjadi perubahan jumlah suara.

"Pansus ini adalah untuk perbaikan pelaksanaan Pileg maupun Pilpres," tandasnya.[bay]