Jokowi : Dikit-Dikit Persoalan Daerah Bawa Ke Saya, Gubernur Kerja Apa?

Jokowi : Dikit-Dikit Persoalan Daerah Bawa Ke Saya, Gubernur Kerja Apa?

Sujanews.com —   Presiden Jokowi mendorong agar para kepala daerah di Indonesia mampu menyelesaikan problem yang berkaitan dengan lingkup kerjanya. Tak perlu bila setiap ada persoalan di daerah kemudian dibawa sampai ke meja Jokowi dan meminta penyelesaian.

"Jangan sampai persoalan-persoalan daerah dibawa ke saya, dikit-dikit saya. Nggak lah," kata Jokowi dalam sambutan pertemuan dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2017).

Bila semua persoalan di daerah kemudian diselesaikan oleh Jokowi, maka kepala daerah menjadi tak ada gunanya. Seharusnya kepala daerah mampu menjadi solusi.

"Nanti gubernur kerjanya apa? Bupati, menteri, kerjanya apa?" ujar Jokowi dengan gaya bertanya-tanya.

Semua persoalan di daerah maupun di level kementerian sudah semestinya di tangani di level tersebut. "Ini (persoalan) ke menteri, ya sudah, selesaikan ke menteri. Bupati, selesaikan ke bupati. Tidak semua di saya," kata Jokowi.

Dia mengucapkan terimakasih kepada semua perwakilan masyarakat adat yang hadir pada kesempatan ini. Jokowi ingin agar pertemuan antara 'pusat dan daerah' seperti ini bisa digelar lebih rutin.

"Saya ingin mendengar paling tidak setiap empat bulan, enam bulan, ada pertemuan lah dengan saya biar saya bisa mendengar langsung," tuturnya.  [Sujanews.com]