Tetapkan Awal Ramadhan, Al-Azhar Berharap Umat Islam Seragam

Tetapkan Awal Ramadhan, Al-Azhar Berharap Umat Islam Seragam
SujaNEWS.com — Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Azhar menggelar Seminar Majelis Mudzakarah untuk menetapkan awal Ramadhan dan Syawal 1437 H di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (27/04/2016).

Hadir sebagai pembicara ahli pada kesempatan itu Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (Pakar Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional/LAPAN), Prof. Dr. Susiknan Azhari (Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah), Dr. KH. Slamet Hambali (Lajnah Falakiyah PBNU), dan para peserta dari berbagai ormas.

Ketua Umum YPI Al-Azhar Muhammad Suhadi mengatakan, kemungkinan besar tahun ini tidak akan ada perbedaan antar ormas maupun dengan pemerintah soal penentuan awal Ramadhan.

“Karena dalam perhitungan secara astronomi maupun hisab yang dipaparkan oleh pakar dari Muhammadiyah dan NU tadi, tidak ada perbedaan. Sehingga kemungkinan perbedaan akan sangat kecil nantinya,” ungkapnya dalam jumpa pers usai seminar.

Berdasarkan diskusi Majelis Mudzakarah tersebut, pihaknya menindaklanjuti dengan menetapkan awal Ramadhan.

“Kami Pengurus, Pengawas, dan Dewan Syariah Yayasan Al-Azhar telah menetapkan bahwa awal Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Senin tanggal 6 Juni 2016,” ujar Suhadi.

“Dan untuk 1 Syawal jatuh pada hari Rabu bertepatan dengan tanggal 6 Juli 2016,” tambahnya.

Keputusan itu, terangnya, agar menjadi informasi khususnya kepada jamaah di lingkungan YPI Al-Azhar dan masyarakat luas.

Nantinya, sambung Suhadi, ketetapan itu juga akan disebarkan ke 150 lebih sekolah Al-Azhar dan diumumkan setiap Jumat hingga menjelang Ramadhan.

Konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh Dr. Shobahussurur Syamsi (Ketua Dewan Syariah Al-Azhar), Sobirin HS (Ketua Dakwah Sosial Al-Azhar), serta Zainul Arifin (Direktur Dakwah Sosial YPI Al-Azhar).*