AS Segera Buka Lagi Pangkalan Militernya di Islandia

AS Segera Buka Lagi Pangkalan Militernya di Islandia
SujaNEWS.com — Pemerintah AS dilaporkan telah merencanakan untuk membuka kembali pangkalan angkatan laut era Perang Dingin di Islandia. Langkah ini diambil pasca memburuknya hubungan antara AS dan Rusia atas krisis di Ukraina dan Suriah.

Menurut beberapa sumber, pangkalan militer yang dikenal sebagai Keflavik Air Base awalnya dibangun selama Perang Dunia II dan terletak dekat ibukota Islandia, Reykjavik. Pangkalan militer ini akan direnovasi sebagai tempat bagi pesawat pengintai generasi baru.

AS berencana untuk menghabiskan 22 juta USD untuk membangun fasilitas hanggar dan memulihkan infrastruktur di Keflavik. Menurut laporan, pembangunan ini sebagai bagian dari proyek untuk menjaga pesawat pengintai Poseidon P-8 untuk operasi patroli maritim di Atlantik Utara.

“Usulan AS untuk perbaikan Keflavik telah disambut baik, namun kami masih ada pembicaraan tentang operasi yang lebih serius di sana. Operasi ini harus lebih dari sekadar operasi penerbangan,” ujar Perdana Menteri Islandia, Sigmundur David Gunnlaugsson .

Sementara itu, masyarakat Islandia telah menyatakan keprihatinan atas masalah dan dampak dari langkah pemerintahnya tersebut.