Israel Bangun Tembok Keamanan dengan Yordania

Israel Bangun Tembok Keamanan dengan Yordania
SujaNEWS.com — Kementerian Pertahanan Israel mengungkap adanya rencana mulai membangun tembok keamanan pekan ini antara wilayah jajahan dengan Yordania untuk menjaga penjajah dari ancaman-ancaman.

Kementerian Israel menegaskan dalam keterangannya hari ini (21/1), tim kontruksi dan arstiek sudah mulai pekan ini membuat maket permulaan tembok keamanan di perbatasan Israel – Yordania. Tembok keamanan itu seperti yang dibangun di perbatasan dengan Mesir dan Golan yang mencakup jalan-jalan, tugu pemantau, sarana teknik canggih lainnya.

Tembok itu akan dibangun sepanjang 30 km antara resort Eilat di ujung selatan wilayah Israel (Palestina jajahan 1948) dan lembaga Arabah (Yordania) dengan biaya dana sebesar 75 juta dolar dan diperkirakan berakhir pada tahun 2016.

Soal faktor pembangunan tembok ini, juru bciara Kemenhan Ariel Havez bahwa itu bertujuan melindungi warga Israel dari ancaman keananan dari Yordania tanpa menyebut pihak yang ditakuti.

Di sisi lain, koran “Ar-Ro’y” Yordania menegaskan dari sumber pemerintah setempat bahwa tembok keamanan yang mulai dibangun Israel itu berada di sepanjang perbatasan Yordania adalah urusan dalam negeri karena di bangun di perbatasan bagian dalam dan tidak menyentuh kedaulatan Yordania.

Jika dibangun Israel di wilayah Palestina di Tepi Barat yang berbatasan dengan Yordania, maka hal itu ditolak oleh Yordania.

Tembok ini menjadi tembok keempat yang dibangun Israel setelah tembok pemisah Israel dengan wilayah Tepi Barat, tembok di Golan dan tembok elektronik sepanjang 240 km di perbatasan dengan Mesir. (at/infopalestina)