Bandung Terpilih Menjadi World Smart City Awards 2015

Bandung Terpilih Menjadi World Smart City Awards 2015
SujaNEWS.com — Pemerintah kota Bandung yang memberikan ruang kepada warga di wilayah itu untuk berinteraksi aktif dalam mengawasi pembangunan kota ternyata membawa kota Kembang itu masuk menjadi finalis 6 besar “World Smart City Awards 2015”.

Hal itu diungkapkan Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam akun facebook pribadinya, Rabu (18/11).

“Alhamdulillah, dari puluhan kota-kota dunia, Bandung masuk finalis 6 besar dunia untuk inovasi Smart City dari World Smart City Organisation di Barcelona,” tulis Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Bandung akan bersaing dengan kota Moskow (Rusia), Dubai (Uni Emirates Arab), Buenos Aires (Argentina), Curitiba (Brasil), dan Peterborough (Inggris).

“Bandung diapresiasi karena banyak memberikan ruang warga untuk berinteraksi aktif dalam mengawasi pembangunan kota dengan inovasiconnected citizens: encouraging participatory governance,” tuturnya.

Kang Emil menyebutkan contoh connected citizens yang ia bangun, di antaranya citizen complaint online, rapor camat atau lurah oleh warga (SIP), monitoring program kerja Pemkot (Silakip), perizinan online (Hay.U), komunikasi aktif warga melalui akun twitter tiap dinas. Dan Kang Emil memimpin Bandung dengan teladan dan sikap bijak, bukan dengan marah-marah sambil asbun.(ts)