Wah, Ternyata Tanaman Pacar Air Berkhasiat

Wah, Ternyata Tanaman Pacar Air Berkhasiat
SujaNEWS.com — Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu tanaman ini bukan? Ya, tanaman pacar air adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.

Tanaman ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukannya. Walau demikian tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan yang kering. Di mana, tanaman ini dapat hidup tanpa akar, sebab batangnya bisa menghisap air, tetapi apabila akarnya dihilangkan, maka pacar air harus ditaruh di gelas penuh air atau yang lainnya.

Selain keistimewaan dari tanaman ini, pacar air juga memiliki khasiat tertentu ya. Tanaman yang memiliki bahasa ilmiah Impatiens balsamina L memiliki khasiat sebagai antirematik dan emenagog. Di mana bagian biji, bunga dan daunnya lah yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Anda dapat mengatasi haid yang tidak teratur dengan tanaman ini. Dengan cara menyiapkan bunga pacar air segar 6 g, rimpang temu putih 6 g, daun jung rahab 4 g, dan air 115 ml. Lalu, Anda olah dengan merebusnya sampai mendidih. Setelah itu, Anda dapat meminumnya satu kali sehari dengan takaran 100 ml.

Anda juga dapat menggunakan tanaman ini untuk mengatasi kanker. Dengan cara menyiapkan biji pacar air 4 g, daun tapak dara 4 g dan air 110 ml. Setelah disiapkan, Anda rebus semua bahan itu sampai mendidih. Barulah, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara diminum satu kali sehari 100 ml. []

Sumber:

Penyembuhan Alami dengan Herbal dan Pijat Refleksi/Karya: MB. Rahimsyah. AR/Penerbit: Lintas Media
id.wikipedia.org