Salah Ketik 'Alutsista', Netizen Sindir Presiden Jokowi

SujaNEWS.com — Kecelakaan pesawat Hercules tipe C-130 TNI AU yang jatuh di Medan, Sumatra Utara pada Selasa (30/6), mengundang simpati seluruh elemen masyarakat. Hal itu juga mengusik rasa Presiden Jokowi untuk ikut mengucapkan rasa dukacita untuk keluarga korban.

Melalui akun Twitter, @jokowi, tertulis dua status yang diketik sendiri oleh Jokowi, yang bisa dilihat dari tanda 'Jkw' di akhir kalimat. "Saya dan keluarga berbela sungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Hercules C-130. Semoga keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan -Jkw," katanya.

"Evakuasi korban pesawat Hercules harus diutamakan. Selanjutnya evaluasi usia pesawat dan alutsista. Semoga kita dijauhkan dari musibah -Jkw," ujar Jokowi.

Ternyata, kicauan Jokowi tersebut mengundang sorotan dan sindiran beberapa netizen. Itu lantaran Jokowi menulis kata alutista, bukan alutsista yang merupakan kependekan dari alat utama sistem senjata.

Salah Ketik 'Alutsista', Netizen Sindir Presiden Jokowi
Akun ‏@sapulidiku14 me-mention Jokowi untuk mengklarifikasi tentang kata itu. "Ini yang benar ALUSISTA atau ALUTISTA ? @jokowi saya nanya serius pak,mohon petunjuk."

Akun ‏@tata_irianty juga mempertanyakan Jokowi yang salah menulis alutsista. "Huahaha.. ALUTSISTA pak.. Bukan Alutista.. Ini pasti ngetwitt sendiri ya?? :D."
Akun @ebithEBITH bertanya kepada Jokowi. "Alutista itu apa pak?"
Mantan menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Roy Suryo juga ikut menanggapi kesalahan penulisan yang dilakukan Jokowi. Roy bersyukur, Jokowi sudah mengedit tulisan yang salah.

"Tweeps, Alhamdulillah SUDAH DIKOREKSI (setelah 5 Jam jadi "Trending topic" soal kata ALUTISTA 》Seharusnya ALUTSISTA)," ujarnya melalui ‏@KRMTRoySuryo.