Ini Senjata Ampuh Lawan Politik untuk Lengserkan Jokowi

Ini Senjata Ampuh Lawan Politik untuk Lengserkan Jokowi
SujaNEWS.com —  Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NDCI), Jajat Nurjaman, mengingatkan bahwa terus memburuknya kondisi perekonomian Indonesia bisa menjadi senjata ampuh bagi lawan politik untuk melengserkan Presiden Joko Widodo.

“Efek yang akan terjadi dari lemahnya perekonomian saat ini bisa menjadi senjata ampuh bagi lawan politik Jokowi untuk melengserkannya,” tegas Jajat Nurjaman dalam pernyataannya kepada intelijen (26/05).

Menurut Jajat, efek domino dari berbagai kebijakan pemerintah seperti kebijakan mekanisme harga BBM yang mengikuti harga pasar dunia, diikuti dengan melemahnya rupiah, berimbas pada tingginya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat.

Kata Jajat, kemampuan pengelolaan defisit anggaran ini dijadikan tolok ukur kinerja pemerintahan Jokowi-JK. “Defisit anggaran yang terkendali jelas akan mendukung penciptaan investasi pemerintah dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional,” ungkap Jajat.

Selain itu, Jajat juga mengatakan, defisit anggaran yang tinggi, selain membahayakan kondisi stabilitas fiskal, juga mempersempit ruang fiskal pemerintah sekaligus menimbulkan potensi penarikan pembiayaan hutang luar negeri.