Perbanyak Konsumsi Buah Sesuai Musimnya

Perbanyak Konsumsi Buah Sesuai Musimnya
SujaNEWS.com — Pada musim penghujan seperti ini, kita harus pandai untuk menjaga kesehatan, terutama menjaga kesehatan buah hati kita. Karena musim seperti ini rawan terjangkit berbagai penyakit. Ada beberapa jenis penyakit yang biasanya mudah menyerang ketika kondisi tubuh kita tidak dalam kondisi baik, mulai dari batuk pilek, demam berdarah, diare, radang tenggorokan dan lain-lain.

Suatu kali saya mengikuti sebuah acara seminar tentang kesehatan. Banyak ragam yang dijelaskan oleh dokter tersebut tentang bagaimana cara menjaga kesehatan dengan mudah, salah satu penyataannya dan masih saya ingat sampai sekarang adalah, “ Allah itu maha hebat, maha sempurna, Dia menciptakan segala sesuatu sesuai kebutuhan manusia bukan sesuai keinginan, coba amati disekeliling kita dan cobalah untuk difikirkan sesuatu yang kecil saja, kesempurnaan penciptaan itu semua untuk kebutuhan manusia”.

Salah satunya adalah penciptaan buah buahan. Allah mempergilirkan musim buah, ada musim buah rambutan, musim buah mangga, musim buah jeruk dan lain lain. Pohon buah akan berbuah sesuai musimnya tidak secara bersamaan waktu namun secara bergilir. Subhanallah..!

Nah, dari sini sebenarnya ada manfaat yang bisa kita ambil, Allah mempergilirkan musim buah tersebut untuk menjaga kesehatan manusia, maka ketika musim buah rambutan, perbanyaklah konsumsi buah rambutan. Ketika musim buah mangga maka konsumsi buah mangga lebih sering dari pada buah selainnya.

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata ada korelasi antara kesehatan manusia dan musim buah. Ketika musim salah satu jenis buah tiba, maka zat yang terkandung dalam buah tersebutlah yang sedang dibutuhkan oleh tubuh. Misal ketika musim buah rambutan tiba maka tubuh sebenarnya sedang membutuhkan beberapa zat gizi yang ada dalam buah rambutan tersebut.

Keuntungan yang lain yang bisa kita dapat, selain ketersedian zat gizi sesuai kebutuhan tubuh manusia adalah ketika musim buah tertentu tiba maka otomatis buah tersebut mudah di dapat dibeberapa pedagang buah atau pedagang sayur, harganya otomatis juga lebih murah, apalagi kalau di pekarangan kita tumbuh tumbuhan tersebut maka kita bisa mendapatkanya dengan diskon 100%. Namun jangan lupa untuk berbagi ke tetangga Anda. InsyaAllah selain bisa memetik buah juga bisa memetik berkah. Amiin.  (Paramuda)