Wow!! Sarung Tangan Muhammad Ali Terjual Miliaran Rupiah!

Wow!! Sarung Tangan Muhammad Ali Terjual Miliaran Rupiah!
SUJA - MUHAMMAD Ali selalu mengundang kejutan dan sensasi. Bukan hanya karena ia adalah mantan petinju fenomenal, tapi aksesoris peninggalannya dulu juga menjadi barang bernilai miliaran rupiah. Kali ini, sepasang sarung tangan tinju yang dipakai Muhammad Ali sewaktu menghadapi Joe Frazier pada 1971, telah laku terjual sekira Rp 4,5 miliar dalam sebuah acara lelang.

Pemenang lelang yang diadakan di Cleveland, AS itu merahasiakan identitasnya.

Namun penjualan ‘sensasional’ ini bukan yang pertama kalinya. Harga tersebut masih kalah jauh jika dibandingkan dengan harga sepasang sarung tinju yang pernah dikenakan Ali saat pertama kali memenangi Kejuaraan Dunia.

Sarung tinju termahal itu dihargai 836.500 USD atau Rp 9,8 miliar!

Meski demikian, sarung tinju yang dikenakan Ali saat melawan Frazier sarat dengan nilai sejarah.

Laga antara Ali dan Frazier kala itu dijuluki ‘Pertarungan Abad Ini.’ Karena pada akhir pertandingan, Frazier berhasil menaklukkan Ali dan menjadi juara tinju kelas berat dunia.

Namun, baku pukul kedua petinju tersebut belum berakhir. Dalam dua laga selanjutnya, yaitu pada 1974 dan 1975, Ali menundukkan Frazier sekaligus menguatkan predikatnya sebagai petinju terbaik sepanjang masa.

Pertarungan Ali versus Frazer pada 1971 menjadi salah satu momen olahraga yang dikenang baik dalam aspek tinju maupun politik.

Kala itu, semua gelar Ali dicopot karena dia menolak masuk wajib militer semasa Perang Vietnam. [sm/islampos/bbc]