Mengapa Israel Menyerang Gaza?

Mengapa Israel Menyerang Gaza?
SUJA - KONFLIK Palestina – Israel menurut sejarah sudah 31 tahun ketika pada tahun 1967 Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria dan berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza (Mesir), dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Sampai sekarang perdamaian sepertinya jauh dari harapan. Ditambah lagi terjadi ketidaksepakatan tentang masa depan Palestina dan hubungannya dengan Israel di antara faksi-faksi di Palestina sendiri.

Untuk jangka pendek israel menyerang palestina itu bertujuan untuk merebut simpati rakyat israel karena sebentar lagi di Israel akan dihelat Pemilu. Perlu diingat bahwa sebagaian besar penduduk isarel mendukung serangan ke palestina dengan alasan keamanan mereka, jadi penduduk palestina itu mereka anggap sebagai momok dalam kehidupan mereka.

Sebagai catatan anda bahwa calon presiden Israel yang akan maju pada pemilu tahun ini adalah menteri pertahanan israel dan menteri luar negeri. Jadi kedua calon ini berebut untuk mendapatkan simpati rakyatnya agar mereka dapat dipilih pada pemilu yang segera dihelat.

Untuk jangka panjangnya israel bertujuan untuk mencaplok teritorial palestina. Ini terbukti dengan bertambah luasnya daerah toritorial Israel. Salah satu caranya adalah serangan rudal yang mereka lancarkan beberapa minggu ini dan jauh-jauh hari israel sudah memblokade gaza, aliran air dan listrik mereka putus. Intinya Israel menginginkan penduduk palestina itu mati dengan perlahan-lahan sehingga israel dapat dengan mudah menguasai palestina. [santi/islampos/schanazri]