Sambut Ramadhan, Masjidil Haram sediakan terjemahan Al-Qur'an dalam 72 Bahasa

Sambut Ramadhan, Masjidil Haram sediakan terjemahan Al-Qur'an dalam 72 Bahasa
SUJA - Para pengunjung Masjidil Haram Makkah dari seluruh dunia bisa dengan mudah mendapatkan Al-Qur’an yang diterjemahkan ke dalam bahasa mereka setelah pihak berwenang Masjidil Haram memperluas jumlah Al-Qur’an yang diterjemahkan ke dalam 72 bahasa yang berbeda menjelang Ramadan.

“Jumlah rak di dalam Masjidil Haram telah ditingkatkan menjadi 4.000 rak yang berisi 950.000 eksemplar Al-Qur’an dalam bahasa yang berbeda bagi jamaah yang ingin membaca Al-Qur’an,” Ali Hamid Al Nafji, seorang pejabat senior untuk Urusan Masjidil Haram, mengatakan kepada Arab News, Rabu, (25/6/2014).

Bersama dengan salinan tambahan dari terjemahan Al-Qur’an, tersedia juga salinan digital yang bisa didownload oleh jamaah.

“Kami telah mengembangkan sistem teknologi dimana setiap pengguna smartphone dengan aplikasi barcode reader bisa men-download software Al-Qur’an di dalam Masjidil Haram dalam bahasa pilihan,” kata Nafji.

“Al-Quran, bersama dengan komentar dan terjemahan, tersedia untuk di-download di sebagian besar bahasa utama di dunia, termasuk Sinhala, Telugu, Somalia dan Cina.“

Bersama dengan kopian terjemahan Al-Qur’an, persiapan Ramadhan juga sedang dilakukan oleh pemerintah Saudi bagi para jamaah.

Setidaknya 2.000 kamera pengintai telah dipasang di dalam Masjidil Haram dan pusat Makkah untuk memantau jamaah, menurut pejabat polisi.

Masjidil Haram juga telah mengumumkan nama-nama Imam yang akan memimpin Tarawih dan shalat tahajud, diantaranya adalah Abdulrahman Al-Sudais dan Saud Al-Shuraim.

Imam Abdullah Al-Johani, Maher Al-Muaiqly, Khaled Al-Ghamdi dan Bandar Baleelah juga akan menjadi imam shalat di Masjidil Haram selama bulan Ramadhan.