Menu Buka Puasa yang Segar, Sehat Namun Sederhana

Menu Buka Puasa yang Segar, Sehat Namun Sederhana
Menu buka puasa yang sehat adalah kunci untuk mengembalikan kembali energi dan cairan tubuh yang telah banyak hilang seharian. Karena itu, tak perlu hidangan yang kaya santan atau berbagai bumbu untuk berbuka puasa. Cukup yang alami, dan kaya vitamin serta mineral dan air.

Untuk itu Dokter Purwita Wijaya Laksm, pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM menyarankan untuk mengonsumsi air putih atau jus buah tanpa gula terlebih dahulu.

    “Yang terbaik adalah perbanyak minum jus dan air putih. Usahakan minum air putih sampai 10 gelas sehari. Cara minumnya dibagi-bagi ketika berbuka, saat makan malam, habis Taraweh, menjelang tidur, dan saat sahur,” terangnya seperti dilansir Bisnis.com.

Berikut ini contoh menu buka puasa yang segar dan sehat, namun sederhana dan hemat bagi kantong Anda. Memang tak salah sesekali menyiapkan hidangan berbuka yang mewah, namun itu cukup 1 – 2 kali sepekan. Teh dan kopi ada baiknya dihindari untuk berbuka, sebab berakibat efek diuretik atau menyebabkan sering buang air kecil. Ini malah menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Saran untuk menu buka puasa:

    Kurma dan air putih
    Es timun suri dan cincau
    Jus semangka dan apel atau timun
    Salad aneka buah
    Es timun serut

Sayuran untuk menu buka puasa:

    Sayur asem
    Sayur bening/bayam
    Tumis kangkung
    Sayur lodeh
    Sayur sop

Lauk untuk buka puasa:

    Pepes tahu/jamur/ikan
    Semur ayam/tahu/kentang
    Tempe dan tahu goreng
    Perkedel kentang/tahu/jamur
    Ikan bakar/ ikan tim

Nah, dengan menu berbuka puasa yang segar dan sehat di atas, insha Alloh tubuh akan selalu fit dan segar menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba.